04 Juni 2023

Cara Menjadi Narasumber Berbagi Praktik Baik Kemendikbud | by Risalahguru.com

Kurikulum Merdeka adalah upaya Kemendikbud untuk menghadirkan pendidikan yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Sebagai seorang pendidik yang bersemangat, kita semua memiliki kesempatan untuk menjadi narasumber di platform SINAR BAIK (Sistem Informasi Berbagi Praktik Baik) yang dikelola oleh Kemendikbud. Menjadi narasumber dapat memberikan kontribusi positif dalam berbagi praktik baik dan pengalaman penerapan Kurikulum Merdeka. Di postingan ini, aku akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk menjadi narasumber di Sinar Baik dan berbagi praktik baik implementasi Kemendikbud. Yuk ah!

  1. Pastikan teman-teman sudah memahami betul IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKa (IKM), baik itu pelaksanaan pembelajarannya, P5, asesmen, dan lainnya. IKM dapat dipelajari melalui materi video dan latihan soal yang ada di platform merdeka mengajar dan juga melalui webinar-webinar gratis yang diselenggarakan kemendikbud atau BGP (Balai Guru Penggerak) di masing-masing provinsi. Semuanya bisa dipelajari secara daring. Yuk simak tahapannya!
  2. Lakukan praktik baik bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka di kelas tempat mengajar ataupun di sekolah tempat teman-teman menjadi kepala sekolah
  3. Kunjungi Situs "Sinar Baik": Akses situs resmi "Sinar Baik" di https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/sinarbaik/. daftarkan diri dengan cara Klik MASUK / LOGIN dengan akun belajar.id
  4. Isi esai sesuai dengan praktik baik yang sudah dilakukan
  5. Jika esai dinyatakan lolos kurasi, akan diundang oleh BGP Setempat untuk mengikuti pelatihan menjadi Calon Narasumber Berbagi Praktik Baik (CNS BPB) selama 4 hari, untuk kami gelombang 3 pembekalan dilakukan via zoom (wajib on came). pukul 08-00-16.00. pengalaman gelombang 2, pembekalan di hotel nginap selama 2 hari. Di dalam pembekalan juga ada tugas-tugas latihan yang harus dikerjakan.
  6. Jika dinyatakan LULUS PEMBEKALAN dan sudah mendapatkan sertifikat, maka saatnya Membuat video praktik baik dan cerita praktik baik, di kelas / disekolah dan mengunggah ke platform SINAR BAIK.
  7. Menunggu proses kurasi dari tim Kemendikbud dengan hati yang berdebar-debar
  8. Peserta dinyatakan sebagai Narasumber Berbagai Praktik Baik jika salah satu video ataupun cerita lolos kurasi. Kemendikbud akan menerbitkan SK, dan mama teman-teman akan terdaftar sebagai Narasumber di Platform Merdeka Mengajar! 

Bagaimana teman-teman? Proses yang tidak begitu sulit kan?

Yuk persiapkan diri menjadi NARASUMBER BERBAGI PRAKTIK BAIK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA!



contoh video calon narasumber berbagai praktik baik bisa ditonton disini :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)